Mengenal Landak Laut Atau Yang Sering Kita Sebut Dengan Bulu Babi

Kali ini kita akan membahas tentang Landak Laut yang sering kita sebut dengan Bulu Babi. Hewan ini tergolong hewan pemakan segala(omnivora) yang aktif pada malam hari dan cenderung diam di siang hari. Kerennya hewan ini memiliki 950 spesies yang dapat ditemukan di daerah pasang surut air laut hingga kedalaman 5000 meter.

Bagaimana bentuk dan rupa Landak Laut / Bulu Babi ? 

Berikut adalah salah satu contoh landak laut / bulu babi, bentuknya rata - rata bulat seperti bola dan memiliki duri disekitar tubuhnya yang dapat digerakkan serta berfungsi sebagai pertahanan diri. Namun juga ada yang berbentuk tidak beraturan. Contoh :
Landak Laut / Bulu Babi
Landak Laut / Bulu Babi dengan bentuk beraturan ( regular sea urchin )

Landak Laut / Bulu Babi
Landak Laut / Bulu Babi dengan bentuk tidak beraturan ( irregular sea urchin )

Dari gambar di atas, kamu pastinya juga dapat menyimpulkan bahwa duri yang ada disekitar tubuh hewan ini ada bermacam-macam. Ada duri yang bentuknya panjang dan lancip, ada juga yang pendek dan tumpul.

Apakah hewan ini memiliki jenis kelamin seperti halnya hewan-hewan pada umumnya ?

Ya, pada umumnya Landak Laut / Bulu Babi ini memang berkelamin terpisah, dimana jantan dan betina merupakan individu yang berbeda sama halnya dengan hewan-hewan lainnya. Tapi sayangnya untuk membedakan mana yang jantan dan mana yang betina sangatlah sulit jika tidak menggunakan Mikroskop.

Bagaimana hewan ini tumbuh dan berkembang?

Landak Laut / Bulu Babi memiliki pertumbuhan yang sangat lambat. Umur, ukuran beserta pertumbuhannya tergantung pada jenis dan lokasi. Apalagi Landak Laut / Bulu Babi dapat mengalami kematian massal ketika berada di suhu sekitar 34 hingga 40 derajat Celcius.

Apakah hewan ini berbahaya?

Sebetulnya tidak, hanya saja jika kamu terkena durinya segeralah menepi dan cabut duri tersebut secara perlahan. Tapi apabila ada duri yang tersisa dalam daging, gunakanlah pinset atau sejenisnya untuk mengeluarkan sisa duri tersebut. Selain itu kamu juga bisa menggunakan urine kamu untuk menghancurkan duri yang masih tersisa itu tadi, karena urine termasuk amoniak yang dapat menghancurkan duri itu tadi.

Yap, itu tadi adalah beberapa informasi mengenai Landak Laut / Bulu Babi yang dapat kamu temukan ketika berada di laut waktu snorkling atau berenang.

4 Responses to "Mengenal Landak Laut Atau Yang Sering Kita Sebut Dengan Bulu Babi"

  1. Makasih gan infonya :D Jadi tambah deh pengetahuan gua :D

    ReplyDelete
  2. Infonya bermanfaat nih gan, thanks udah di share

    ReplyDelete
  3. katanya bisa dimakan, apakah benar seperti itu?

    ReplyDelete
  4. yup bisa di maem di jepang kayake

    ReplyDelete

TOP 5 ( 30 Hari Terkahir )

Find us on facebook