Musium Dr Mohammad Saleh - Ternyata Berawal Dari Sebuah Rumah Dinas

Musium Dr. Mohammad Saleh


Tahukah  kalian bahwa di Probolinggo terdapat sebuah Musium Classic yang asal mulanya berasal dari rumah dinas, yang dijadikan sebagai sebuah rumah sakit, apotik dan sebuah tempat bersejarah (tempat berkumpulnya para pemuda-pemuda Nusantara). Musium ini bernama "Musium Dr. Mohammad Saleh". 

Musium ini sebenarnya adalah kediaman Dr. Mohammad Saleh, yang tatkala itu sedang ditugaskan dibawah pemerintahan Belanda di  Probolinggo sebagai dokter pribumi di daerah tersebut.

Ketika Dr. Mohammad Saleh menjalankan tugasnya, beliau diberi wewenang untuk menempati rumah dinas yang berada di Jl. Laoet No.1 (nama jalan pada saat itu).

Meskipun beliatu hanya mendapat wewenang untuk menempati rumah tersebut, beliau malah menjadikan rumah itu sebagai sebuah rumah sakit dan apotik yang mana menjadikan rumah itu adalah rumah sakit yang pertama kali beroprasi di Probolinggo.

Seiring berjalannya waktu dan banyaknya pasien yang datang dari berbagai wilayah di Nusantara, yang menjadikan rumah ini sebagai tempat berkumpulnya para pemuda - pemuda hingga memiliki julukan Rumah Bhineka Tunggal Ika.

Kini, rumah tinggalan Dr. Mohammad Saleh ini dijadikan sebuah Musium yang didalamnya mengandung unsur prasejarah pada saat itu,  berikut beberapa barang yang mungkin dapat kamu lihat disana :

Staatsblad
Staatsblad.

Kalender putar dari perusahaan "Mahle" - Belanda.
Kalender putar dari perusahaan "Mahle" - Belanda.

Radio "Philips"
Radio "Philips".

Koleksi Buku
Koleksi Buku.

Musium Dr Mohammad Saleh
Musium Dr Mohammad Saleh

gramofon manual
Gramofon Manual

obat-obatan
Obat-obatan.

Sumber Foto : @museumdrmohamadsaleh


0 Response to "Musium Dr Mohammad Saleh - Ternyata Berawal Dari Sebuah Rumah Dinas"

Post a Comment

TOP 5 ( 30 Hari Terkahir )

Find us on facebook